Selasa, 12 Januari 2016

CONTOH RINGKASAN

Judul               : Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi
Pengarang       : Hs.Widjono
Tahun terbit     : 2012
RESENSI
1.      Pengertian Resensi
Resensi adalah ulasan atau penilaian sebuah hasil karya, buku, film, produk teknologi, dan lain-lain. Penilaian ini menyajikan kualitas sebuah karya, Baik yang berhubungan dengan karya, baik yang berhubungan dengan kualitas yang terkait dengan keunggulan maupun kekurangan-kekurangannya.
Penilaian yang berhubungan dengan keahlian dan pengalaman  pengarang atas karya yang diresensikan, analisis penyajian materi, analisis penyajian materi, analisis teknik penyajian, analisis kebahasaan, keunggulan atau kekuatan topik dan pembahasaan, kekuatan ekspresi, kekuatan intelektual, dan lain-lain yang dapat memotivasi pembaca resensi untuk membaca bukunya secara langsung.
2.      Tujuan
Resensi bertujuan menyampaikan informasi kepada para pembaca apakah sebuah buku atau hasil karya yang diresensikan itu layak mendapat sambutan masyarakat atau tidak. Resensi buku merupakan paduan keinginan pengarang, reproduksi singkat, pertimbangan atau penilaian, dan media komunikasi pengarang dan pembaca.
3.      Pertimbangan
Menulis resensi berarti menyampaikan informasi mengenai ketepatan buku bagi pembacanya. Di dalamnya disajikan berbagai ulasan mengenai buku tersebut dari berbagai sisi. Ulasan ini sidajikan sesuai dengan selera pembaca dalam upaya memenuhi kebutuhan akan bacaan yang dapat disajikan acuan bagi kepentingannya. Untuk itu, pertimbangan menyajikan:
1)      Keinginan pengarang
Keinginan itu seluruhnya tertuang daam karangannya. Untuk mengetahui hal tersebut, penuis resensi perlu melakukan metaanalisis, yaitu mengkaji landasan filosofi yang dijasikan dasar penulisan, misalnya: landasan idealisme, paradigma pembaca yang hendak dikembangkan melalui karangannya, dan fokus pengembangan keterampilan pembaca.
2)      Kepentingan pembaca
Dengan memaca resensi, pembaca akan merasa terbantu karena mendapatkan informasi buku yang diperlukan. Pembaca akan melihat gambaran keseluruhan isi, informasi tentang buku, dan kualitas buku tanpa harus melihat buku tersebut.
3)      Pengarang dan Pembaca
Resensi merupakan upaya mengkomunikasikan harapan pembaca dan keinginan pengarang akan adanya buku berkualitas yang diperlukan. Sejalan dengan hal itu, penulis resensi perlu menginformasikan sasaran dan target yang diharapkan penulis kepada pembacanya.
4)      Materi Karangan
Resensi harus megemukakan materi tulisan. Hal ini dimaksudan untuk menjembatani keinginan penulis dan pembacanya. Penulis resensi berkewajiban untuk melakukan har ini untuk bahwa materi tersebut bagi segmen pembaca yang menjadi targetnya.
4.      Nilai
Nilai buku dapat dikaitkan dengan fungsi buku bagi pembacanya. Nilai, dalam hal ini merupakan abstraksi pengalaman pembaca buku. Misalnya: (1) Nilai spiritual, setelah membaca buku tersebut dapatkah pembaca mendapatkan sebuah informasi yang dapat memberikan kepuasan batinnya. (2) Nilai pendidikan, setelah membaca buku tersebut dapatkah pembaca memperoleh keterampilan tertentu.
4.1  Penyajian Materi
1.      Penyajian materi diharapkan:
a)      Sesuai dengan tuntutan dan selera pembaca, terutama dalam upaya mengambangkan kemampuannya,
b)      Sesuai dengan tingkat pendidikan segmen pembaca,
c)      Sesuai dengan kebutuhan informasi, keterampilan, dan konsep yang diperlukan oleh pembaca, sesuai dengan tututan masyarakat terutama pembaca dalam upaya mengembangkan basis kompetensinya,
d)     Sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedang berlangsung sehingga dapat memotivasi bagi pengembangan intelektual pembacanya,
e)      Sesuai dengan basis kompetensi pembaca yang hendak dikembangkan, dan
f)       Sesuai dengan visi dan misi penulis.
2.      Penyajian Isi
a)      Keseluruhan isi buku dan sampul sampai dengan bahasan utama, dan
b)      Basis kompetens penulis serta kelayakan buku bagi pembacanya.

4.2  Bahasa
Pertimbangan bahsa yang mudah dipahami dan cara penyampaian yang komunikatif merupakan pertimbangan yang perlu disampaikan kepada pembaca resensi.
4.3.1  Gaya
Gaya bahasa penuisan yang dapat dinikmati oleh pembaca menjadi unsur penting yang dapat memotivasi pembaca. Tingkat keresmian bahasa (mulia, menengah, dan rendah) dapat memberikan kesegaran, variasi nada bahasa (tinggi, menengah, dan rendah), dan contoh bagi pembaca merupakan unsur yang dipertimbangkan dalam penulisan resensi.
4.3.2    Denotasi dan Konotasi
Penggunaan kata denotatif dalam penulisan yang berisi informasi ilmiah lebih tepat. Lain halnya karangan fiksi, cerita fiksi lebih mengandalkan makna konotasi. Dengan kata tersebut, penulis dapat leluasa membangkitkan imajinasi pembacanya.
5.      Metode dan Pendekatan
Penyajian metateri yang sistematik dengan metode yang mudah dipahami, misalnya, urutan penyajian konsep, kasus, aplikasi, kreativitas, dan evaluasi merupakan cara (metode) yang mudah dipahami sehingga menambah daya tarik bagi pembacanya.
6.      Organisasi
Memberikan organisasi pertimbangan, menilai, menunjukkan kelebuhan/kekurangan, sasaran yang mencakup sistematika dan urutan keseluruhan matri dan kelengkapan unsur.
7.      Dasar Resensi
a)      Penulis resensi harus memahami secara sepenuhnya pengarang aslinya. Realisasi tujuan pengarang asli, pemahaman kata pengantar, pendahuluan, isi uraian utama, kesimpulan, dan unsur-unsur kelengkapan lainnya.
b)      Penulis resensi harus menyadari sepenuhnya maksud menulis resensi: kualitas pembaca, pengathuan pembaca mengani pokok persoalan naskah asli , kewajiban penulis resensi.
8.      Sasaran Resensi bagi Pembaca
Penulis resensi perlumenyajikan berbagai informasi yang dapat dijadikan bahan pertimbangan perlu membaca seluruh isi buku ataukah tidak. Untuk itu, penuis resensi perlu menyampaikan keseluruhan penilaian materi buku. Dengan demikian, pembaca dapat menentukan sendiri sasaran yang akan dibacanya.
            Unsur- unsur yang dapat dijadikan sasaran pertimbangan:
a)      Perwajahan estetika dan kemenarikannya yang bersifat menyenangkan,
b)      Latar belakang penulisan buku dan pengalaman penulisnya,
c)      Tema atu judul yang dikaitkan dengan kemenarikan pembacanya,
d)     Penyajian materi dan sistematikanya serta kemudahanya untuk dikaji,
e)      Ikhtisar materi yang dikaji,
f)       Deskripsi buku,
g)      Jenis buku yang diresensikan,
h)      Keunggulan buku,
1.      Jenis Buku
Resensi perlu menyebutkan jenis buku. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan informasi yang perlu dipertimbangkan oleh pembaca agar tidak salah dalam menentukan pilihan buku yang hendah dibacanya.

Sumber Buku :
Widjono, Hs. 2012. Bahasa Indonesia : Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di
Perguruan Tinggi. Jakarta: Gramedia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar