Judul : Mata Kuliah Pengembangan
Kepribadian di Perguruan Tinggi
Pengarang :
Hs.Widjono
Tahun terbit :
2012
RESENSI
1.
Pengertian
Resensi
Resensi adalah ulasan atau penilaian sebuah hasil
karya, buku, film, produk teknologi, dan lain-lain. Penilaian ini menyajikan
kualitas sebuah karya, Baik yang berhubungan dengan karya, baik yang
berhubungan dengan kualitas yang terkait dengan keunggulan maupun
kekurangan-kekurangannya.
Penilaian yang berhubungan dengan keahlian dan
pengalaman pengarang atas karya yang
diresensikan, analisis penyajian materi, analisis penyajian materi, analisis
teknik penyajian, analisis kebahasaan, keunggulan atau kekuatan topik dan
pembahasaan, kekuatan ekspresi, kekuatan intelektual, dan lain-lain yang dapat
memotivasi pembaca resensi untuk membaca bukunya secara langsung.
2.
Tujuan
Resensi bertujuan menyampaikan informasi kepada para
pembaca apakah sebuah buku atau hasil karya yang diresensikan itu layak
mendapat sambutan masyarakat atau tidak. Resensi buku merupakan paduan
keinginan pengarang, reproduksi singkat, pertimbangan atau penilaian, dan media
komunikasi pengarang dan pembaca.
3.
Pertimbangan
Menulis
resensi berarti menyampaikan informasi mengenai ketepatan buku bagi pembacanya.
Di dalamnya disajikan berbagai ulasan mengenai buku tersebut dari berbagai
sisi. Ulasan ini sidajikan sesuai dengan selera pembaca dalam upaya memenuhi
kebutuhan akan bacaan yang dapat disajikan acuan bagi kepentingannya. Untuk
itu, pertimbangan menyajikan:
1)
Keinginan
pengarang
Keinginan
itu seluruhnya tertuang daam karangannya. Untuk mengetahui hal tersebut, penuis
resensi perlu melakukan metaanalisis, yaitu mengkaji landasan filosofi yang
dijasikan dasar penulisan, misalnya: landasan idealisme, paradigma pembaca yang
hendak dikembangkan melalui karangannya, dan fokus pengembangan keterampilan
pembaca.
2)
Kepentingan
pembaca
Dengan
memaca resensi, pembaca akan merasa terbantu karena mendapatkan informasi buku
yang diperlukan. Pembaca akan melihat gambaran keseluruhan isi, informasi
tentang buku, dan kualitas buku tanpa harus melihat buku tersebut.
3)
Pengarang dan
Pembaca
Resensi
merupakan upaya mengkomunikasikan harapan pembaca dan keinginan pengarang akan
adanya buku berkualitas yang diperlukan. Sejalan dengan hal itu, penulis
resensi perlu menginformasikan sasaran dan target yang diharapkan penulis
kepada pembacanya.
4)
Materi Karangan
Resensi
harus megemukakan materi tulisan. Hal ini dimaksudan untuk menjembatani
keinginan penulis dan pembacanya. Penulis resensi berkewajiban untuk melakukan
har ini untuk bahwa materi tersebut bagi segmen pembaca yang menjadi targetnya.
4.
Nilai
Nilai buku dapat dikaitkan dengan fungsi buku bagi
pembacanya. Nilai, dalam hal ini merupakan abstraksi pengalaman pembaca buku.
Misalnya: (1) Nilai spiritual, setelah membaca buku tersebut dapatkah pembaca
mendapatkan sebuah informasi yang dapat memberikan kepuasan batinnya. (2) Nilai
pendidikan, setelah membaca buku tersebut dapatkah pembaca memperoleh
keterampilan tertentu.
4.1 Penyajian Materi
1.
Penyajian materi
diharapkan:
a)
Sesuai dengan
tuntutan dan selera pembaca, terutama dalam upaya mengambangkan kemampuannya,
b)
Sesuai dengan
tingkat pendidikan segmen pembaca,
c)
Sesuai dengan
kebutuhan informasi, keterampilan, dan konsep yang diperlukan oleh pembaca,
sesuai dengan tututan masyarakat terutama pembaca dalam upaya mengembangkan
basis kompetensinya,
d)
Sesuai dengan
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedang berlangsung sehingga
dapat memotivasi bagi pengembangan intelektual pembacanya,
e)
Sesuai dengan
basis kompetensi pembaca yang hendak dikembangkan, dan
f)
Sesuai dengan
visi dan misi penulis.
2.
Penyajian Isi
a)
Keseluruhan isi
buku dan sampul sampai dengan bahasan utama, dan
b)
Basis kompetens
penulis serta kelayakan buku bagi pembacanya.
4.2 Bahasa
Pertimbangan
bahsa yang mudah dipahami dan cara penyampaian yang komunikatif merupakan
pertimbangan yang perlu disampaikan kepada pembaca resensi.
4.3.1 Gaya
Gaya
bahasa penuisan yang dapat dinikmati oleh pembaca menjadi unsur penting yang
dapat memotivasi pembaca. Tingkat keresmian bahasa (mulia, menengah, dan
rendah) dapat memberikan kesegaran, variasi nada bahasa (tinggi, menengah, dan
rendah), dan contoh bagi pembaca merupakan unsur yang dipertimbangkan dalam
penulisan resensi.
4.3.2
Denotasi dan
Konotasi
Penggunaan
kata denotatif dalam penulisan yang berisi informasi ilmiah lebih tepat. Lain
halnya karangan fiksi, cerita fiksi lebih mengandalkan makna konotasi. Dengan
kata tersebut, penulis dapat leluasa membangkitkan imajinasi pembacanya.
5.
Metode dan
Pendekatan
Penyajian metateri yang sistematik dengan metode
yang mudah dipahami, misalnya, urutan penyajian konsep, kasus, aplikasi,
kreativitas, dan evaluasi merupakan cara (metode) yang mudah dipahami sehingga
menambah daya tarik bagi pembacanya.
6.
Organisasi
Memberikan
organisasi pertimbangan, menilai, menunjukkan kelebuhan/kekurangan, sasaran
yang mencakup sistematika dan urutan keseluruhan matri dan kelengkapan unsur.
7.
Dasar Resensi
a)
Penulis resensi
harus memahami secara sepenuhnya pengarang aslinya. Realisasi tujuan pengarang
asli, pemahaman kata pengantar, pendahuluan, isi uraian utama, kesimpulan, dan
unsur-unsur kelengkapan lainnya.
b)
Penulis resensi
harus menyadari sepenuhnya maksud menulis resensi: kualitas pembaca, pengathuan
pembaca mengani pokok persoalan naskah asli , kewajiban penulis resensi.
8.
Sasaran Resensi
bagi Pembaca
Penulis resensi
perlumenyajikan berbagai informasi yang dapat dijadikan bahan pertimbangan
perlu membaca seluruh isi buku ataukah tidak. Untuk itu, penuis resensi perlu
menyampaikan keseluruhan penilaian materi buku. Dengan demikian, pembaca dapat
menentukan sendiri sasaran yang akan dibacanya.
Unsur-
unsur yang dapat dijadikan sasaran pertimbangan:
a)
Perwajahan
estetika dan kemenarikannya yang bersifat menyenangkan,
b)
Latar belakang
penulisan buku dan pengalaman penulisnya,
c)
Tema atu judul
yang dikaitkan dengan kemenarikan pembacanya,
d)
Penyajian materi
dan sistematikanya serta kemudahanya untuk dikaji,
e)
Ikhtisar materi
yang dikaji,
f)
Deskripsi buku,
g)
Jenis buku yang
diresensikan,
h)
Keunggulan buku,
1.
Jenis Buku
Resensi perlu menyebutkan jenis buku.
Hal ini dimaksudkan untuk memberikan informasi yang perlu dipertimbangkan oleh
pembaca agar tidak salah dalam menentukan pilihan buku yang hendah dibacanya.
Sumber Buku :
Widjono, Hs. 2012. Bahasa Indonesia : Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian di
Perguruan
Tinggi. Jakarta: Gramedia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar